Memilih Buku Yang Baik

Malratuindah.co.id – Kebiasaan membaca sebaiknya sudah ditanamkan sejak dini. Membaca adalah jendela awal untuk memperluas cakrawala kita tentang apa yang ada di bumi dan mungkin juga tentang apa yang belum kita ketahui di langit. Pun begitu, banyaknya pasaran buku dan terbitan yang beredar dimana semua orang sebenarnya bisa menjadi penulis, maka kita harus memilih dengan cermat buku-buku seperti apa yang layak dibaca dan menyita waktu serta konsentrasi kita di sela-sela kegiatan.

Tentu saja hal umum tentang buku yang kita ketahui selain kitab-kitab yang dimiliki berbagai lakon agama, adalah buku fiksi dan nonfiksi. Lalu terpecah lagi menjadi novel, komik, cerita bergambar, buku motivasi, dan tata cara mendapatkan uang dengan mudah. Anda termasuk suka dengan buku jenis apa? Yang coba saya sampaikan disini ialah sebaiknya tidak terjebak dengan kriteria atau pengkategorisasian buku-buku tersebut. Membaca berbagai banyak hal dan sudut pandang yang berbeda akan sangat menyenangkan, menghilangkan kebosanan, dan memperkaya perspektif anda tentang sesuatu. Tentu saja anda akan perlahan memilih jenis tulisan atau cara bercerita seperti apa yang anda sukai, atau mungkin anda sudah mempunyai penulis kesukaan dengan pengetahuan yang anda dapatkan tentang latar belakangnya, atas dasar apa si penulis menuliskan hal tersebut?

Beberapa orang telah mengklaim dirinya sebagai pembaca buku ilmiah atau nonfiksi saja atau mungkin hanya membaca fiksi saja. Sebaiknya tidak. Sebab beberapa karangan buku fiksi biasanya justru lebih bebas untuk memikat hati Anda dengan latar belakang sejarah yang hampir benar tapi dikemas ke dalam fiksi untuk membebaskan imajinasi anda dalam memilah-milah realita kehidupan. Nonfiksi kaya akan informasi dan data tapi anda juga harus lebih cermat dalam memilihnya. Perlu diketahui juga sebaiknya, buku bacaan untuk anak-anak hingga balita memang diperkaya dengan berbagai macam warna untuk menghindari kemungkinan anak akan mengalami buta warna. Penggunaan warna yang kurang variatif akan membuat media rekam otak anak hanya bisa mengenal warna yang dominan terlihat ketika mereka berada pada usia emas.(*)

Author: [icon type=”twitter”]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

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
SUBSCRIBE TO NEWSLETTER
Turpis dis amet adipiscing hac montes odio ac velit? Porta, non rhoncus vut, vel, et adipiscing magna pulvinar adipiscing est adipiscing urna. Dignissim rhoncus scelerisque pulvinar?
[circular_countdown settings_id='1']