Makassar Ibukota Propinsi Sulawesi Selatan

Malratuindah.co.id – Makassar sebenarnya adalah nama salah satu suku yang tinggal di Propinsi Sulawesi Selatan, di Kota Ujungpandang. Nama Ujungpandang berganti menjadi Makassar di tahun 1999-2000 hingga sekarang. Ada beragam suku yang mendiami wilayah Kota Makassar ini selain suku Makassar itu sendiri, diantaranya adalah suku Bugis, suku Mandar, Toraja, dan suku-suku lain dari luar Sulawesi dan dari wilayah lain di Sulawesi yang berpindah dan tinggal di Makassar. Sulawesi Selatan merupakan bagian dari Indonesia Timur yang terkenal sebagai kawasan Maritim, dimana masyarakat pesisir memenuhi kebutuhan hidupnya pada laut dan saling bergantung dengan masyarakat perkotaan. Pariwisata area Makassar adalah pantai-pantai, kepulauan, wisata bahari yang khas, juga beberapa dataran tinggi yang sejuk dan nyaman.

Suku Bugis dan Suku Makassar sejak dulu dikenal dengan pelayarannya bersama perahu Phinisi karena wilayah strategisnya dalam jalur perdagangan serta potensi kemaritiman yang dimiliki. Kehidupan masyarakat di Kota Makassar juga telah berkembang pesat melalui laju perekonomian yang ditandai dengan banyaknya Usaha-Usaha Kreatif Mandiri yang dibuat oleh warga kota, dan juga pemanfaatan pariwisata di Kepulauan Spermonde yang terletak di sebelah barat Sulawesi Selatan dan kepulauan lain di sekitarnya. Dengan perkembangan teknologi dan perekonomian yang semakin meningkat, falsafah hidup suku Bugis-Makassar yaitu budaya“Siri’ Na Pacce” juga masih menjadi pegangan masyarakat di Kota Makassar dan sekitarnya.

Siri’ Na Pacce adalah tradisi yang belum hilang nilainya dan masih tersimpan bahkan di era modern ini. Arti kata siri’ dalam konteks ini adalah rasa malu untuk menjaga harkat martabat atau harga diri manusia, sedangkan pacce pemaknaannya adalah solidaritas moral bagi masyarakat Sulawesi Selatan secara umum. Ada banyak hal menarik yang bisa Anda lihat secara langsung di Makassar juga termasuk makanan-makanan tradisional, seni budaya, tempat wisata, dan hal-hal baik lainnya untuk mencapai “Makassar sebagai Kota Dunia”. (*)

Author: [social type=”twitter”]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

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
SUBSCRIBE TO NEWSLETTER
Turpis dis amet adipiscing hac montes odio ac velit? Porta, non rhoncus vut, vel, et adipiscing magna pulvinar adipiscing est adipiscing urna. Dignissim rhoncus scelerisque pulvinar?
[circular_countdown settings_id='1']