Cerdaskan Otaknya Saat Dewasa Dengan Mengajarkan Piano Pada Anak Sejak Dini

Memperkenalkan piano terhadap anak tidak saja menyenangkan. Selain mampu melatih kemampuan dan bakat sang anak, memperkenalkan piano sejak dini juga membawa banyak manfaat yang lebih besar untuk si kecil. Peneliti menunjukan bahwa anak yang telah belajar dan bermain piano sebelum usia 7 tahun cenderung memiliki otak yang lebih cerdas.

Tak hanya itu, para peneliti juga menemukan bahwa dengan bermain alat musik mampu memperkuat sel otak. Terutama untuk mereka yang sudah akrab dengan alat music serta bermain music sejak usianya masih kecil.

Sebagaimana dikutip dari Daily Mail, para peneliti mengungkapkan bahwa bermain music tak hanya membuat anak menikmatinya, namun juga mengubah otak mereka menjadi lebih berpotensi.

Hasil tersebut didapatkan setelah melakukan pengamatan pada otak dari sekitar 48 pria dan wanita yang berusia 19 hingga 21 tahun. Semua responden diketahui pernah belajar bermain music, namun beberapa responden diketahui sudah belajar mengenal music ketika usia mereka tiga tahun.

Dari situ para peneliti menemukan bahwa bagian otak yang berkaitan kemampuan membuat konsep, bahasa dan manajemen waktu terlihat lebih kuat pada para responden yang memulai mengenal music sejak kecil. Selain itu, bagian yang berkaitan dengan kepribadian dan penerimaan suara juga mengalami kenaikan yang lebih besar.

Tak hanya itu, para ilmuan dari Beijing mengungkapkan bahwa beberapa bagian otak yang berhubungan dengan music mengalami perkembangan yang begitu pesat ketika masih kanak-kanak. Penelitian ini juga membantah bahwasanya pelajaran music untuk anak-anak itu sia-sia, karena anak baru akan merasakan manfaatnya saat ia beranjak dewasa.

Sedangkan para peneliti dari Amerika Serikat menjelaskan bahwa orang dewasa yang pernah belajar music saat masih kanak-kanak, cenderung memiliki sel otak yang lebih cepat merespon dan peka terhadap suara yang didengar. Hal tersebut menunjukkan bahwa mereka lebih mudah menangkap suara dan berkomunikasi dengan focus, bahkan ketika dalam suasana yang tidak kondusif seperti bising.

Hal tersebut tidak hanya berlaku pada alat music piano, melainkan juga alat music lainnya. Mengajarkan music sejak dini pada anak juga diketahui mampu meningkatkan IQ anak dan membantu mereka lebih peka terhadap emosi orang lain, sehingga anak akan tumbuh menjadi pribadi yang memiliki sifat tenggang rasa terhadap sesamanya.

Untuk itu, tidak ada salahnya mulai mengenalkan music terhadap si kecil. Musik bukan hanya mampu melatih bakat dan kemampuannya saja, namun juga memberikan banyak manfaat untuk mereka. Terutama saat mereka besar nanti, dengan music IQ anak bisa lebih meningkat dan mereka juga akan tumbuh menjadi pribadi yang lebih sensitive serta peka terhadap perasaan orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

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
SUBSCRIBE TO NEWSLETTER
Turpis dis amet adipiscing hac montes odio ac velit? Porta, non rhoncus vut, vel, et adipiscing magna pulvinar adipiscing est adipiscing urna. Dignissim rhoncus scelerisque pulvinar?
PGlmcmFtZSB3aWR0aD0iMTAwJSIgaGVpZ2h0PSIxMDAlIiBzcmM9Imh0dHBzOi8vd3d3LnlvdXR1YmUuY29tL2VtYmVkL0loZ09vVUhSZnFBP3JlbD0wIiBmcmFtZWJvcmRlcj0iMCIgYWxsb3dmdWxsc2NyZWVuPjwvaWZyYW1lPg==
[circular_countdown settings_id='1']