5 KESALAHAN MERAWAT KULIT YANG MEMPERPARAH JERAWAT

Jerawat tidak hanya dialami oleh remaja, tapi juga dewasa. Jika jerawat tak kunjung reda, boleh evaluasi kembali cara kita merawat kulit. Sudah benar kah? Atau justru semakin memperparah jerawat?

Struggling with acne? Sudah pakai beragam produk perawatan untuk jerawat, berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun, namun tidak ada perubahan berarti. Acnes are already here and there. Bukannya membaik, yang ada justru jerawat tak berhenti muncul. Adakah yang salah? Seperti yang dilansir fimela.com, probably the ways you treat your skin is causing more breakouts. Jika mengalami hal ini, perhatikan beberapa kesalahan berikut yang mungkin masih dilakukan, dan secara tak sadar membuat kondisi jerawat makin parah.

1: Tidak pakai moisturizer, bahkan untuk wajah berminyak

Banyak yang beranggapan moisturizer membuat kulit berminyak semakin berminyak. Nyatanya, kulit berminyak dan berjerawat dapat mengalami dehidrasi. Kulit dehidrasi justru memaksa kulit lebih banyak memproduksi sebum, yang mengakibatkan pori-pori tersumbat dan lebih banyak jerawat muncul. Mengabaikan moisturizer jelas bukan hal yang dianjurkan, because oily skin also need hydration.

2: Terlalu sering cuci muka

Tidak sedikit pula yang berpikir wajah berminyak terlihat kotor, sehingga mendorong kita untuk terus-menerus cuci muka setiap kali kilap di wajah sudah melebihi batas normal. Padahal, berlebihan mencuci muka dapat buat permukaan luar kulit melemah, membuatnya rentan terhadap jerawat. Apalagi, kebanyakan produk pembersih wajah khusus jerawat di pasaran mengandung detergent dan bahan kimia keras yang buat kulit kering.

3: Scrubbing berlebihan

Berharap jerawat pergi dengan mengikis lapisan terluar kulit jelas tak membantu. Misal, dengan cara scrubbing menggunakan exfoliant kasar dan cleansing brush. Kulit memang jadi lebih halus, tapi faktanya justru masalah jerawat jadi lebih parah. Apalagi jika jerawat aktif di-scrub, dan bakteri jerawat tersebut menyebar dan membuat area wajah lainnya jadi ikut berjerawat. Menakutkan.

4: Pakai produk khusus wajah berjerawat

Ketika wajah sedang berjerawat, normalnya kita akan menggunakan produk yang diformulasikan untuk jerawat. Padahal, yang terbaik justru menggunakan spot treatment yang hanya diaplikasikan pada bagian yang bermasalah. Mengapa? Saat kita pakai produk jerawat ke seluruh wajah, kulit yang tidak berjerawat jadi kering dan mengelupas (karena kebanyakan produk berjerawat ditujukan untuk tipe kulit berminyak, yang artinya diformulasikan untuk mengontrol produksi sebum).

5: Pakai produk dengan bahan yang menyumbat pori

Entah itu produk skincare atau makeup, beberapanya dibuat dengan bahan-bahan yang mudah menyumbat pori kulit. Untuk wajah yang mudah berjerawat, produk dengan kandungan seperti ini tentu akan membuat kulit semakin bermasalah, yang berujung jerawat semakin meradang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

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
SUBSCRIBE TO NEWSLETTER
Turpis dis amet adipiscing hac montes odio ac velit? Porta, non rhoncus vut, vel, et adipiscing magna pulvinar adipiscing est adipiscing urna. Dignissim rhoncus scelerisque pulvinar?
[circular_countdown settings_id='1']